Selasa, 05 Januari 2010

Karya Arsitektur

Nama Bangunan : The Bayeler Foundation Museum

Karya : Renzo Piano

Tahun Pembuatan : -

Data Bangunan / Ukuran : Prinsip desain bangunan, keseimbangan bangunan yang simetri, berskala normal, memilki vocal point serta proporsi yang seimbang dan perpaduan yang unik sehingga menghasilkan sesuatu yang baru dan mampu menarik perhatian setiap orang.

Museum ini dibuat dengan orientasi arah utara dan selatan. Bangunannya memiliki ruang pameran yang memanjang secara garis lurus di luar ruangan yang dihasilkan. Bagiannya jauh lebih dinamis.

Arsitektur ini terpengaruh kepada langgam modern yang menonjolkan kejujuran struktur. Ini terlihat dengan jelas bahwa struktur bangunan ini terpisah dari selubungnya. Kolom-kolom yang solid disandingkan dengan selubung kaca yang transparan. Di tambah lagi atap datar yang berkisi-kisi dan empat dinding utama yang paralel. Hal tersebut menambahkan kesan kuat kepada arsitektur modern yang diusung oleh Le Corbusier dan Ludwig Mies van de Rohe. Hanya saja, Renzo Piano –sang arsitek— menggunakan batu pasir merah pada semua dinding bangunan. Lain dengan generasi sebelumnya yang dominan beton atau baja yang monokromatik.

Penggunaan material alam memberikan kesan bahwa struktur bangunan ini berasal dari batu alam Swiss yang muncul ke permukan bumi. Sayangnya, batu ini memiliki umur yang kurang baik dan mudah terkelupas.

Atap museum berupa kantilever yang transparan sehingga cahaya yang dihasilkan dapat memberikan olahan yang lebih lembut dan memberikan warna yang lebih alami. Atap terpisah dari bangunan dan didukung oleh sebuah struktur metal yang sangat sederhana. Namun, struktur tersebut tidak akan nampak dari galeri yang berada di bawahnya. Sambungan struktur yang tidak disembunyikan, menjadi suatu keindahan tersendiri bagi bangunan modernis ini.

Tapak yang berada di sekitar museum ini pun tidak ditinggalkan begitu saja. Pengolahan lanskap ini menjadi nilai tambah bagi bangunan ini. Renzo Piano memadukan antara sains, seni, dan society pada museum yang berada di Swiss ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
Seorang Mahasiswi yang berusaha untuk menjadi yang terbaik dan bisa membanggakan orang tua serta membahagiakan keluarga.