Senin, 08 November 2010

PENGARUH ARSITEK TERHADAP LINGKUNGAN

Istilah arsitek seringkali diartikan secara sempit sebagai seorang perancang bangunan, adalah orang yang terlibat dalam perencanaan, merancang, dan mengawasi konstruksi bangunan , yang perannya untuk memandu keputusan yang mempengaruhi aspek bangunan, tersebut dalam sisi astetika, budaya, atau masalah sosial. Definisi tersebut kuranglah tepat karena lingkup pekerjaan seorang arsitek sangat luas, mulai dari lingkup interior ruangan, lingkup bangunan, lingkup kompleks bangunan, sampai dengan lingkup kota dan regional. Karenanya, lebih tepat mendefinisikan arsitek sebagai seorang ahli di bidang ilmu arsitektur, ahli rancang bangun atau lingkunan. (wikipedia)



Sebagai seorang arsitek kita harus jeli dan teliti dalam membangun proyek jangan sampai proyek yang kita bangun berdampak buruk bagi lingkungan sekitarnya. Kita harus memperhatikan keadaan lingkungan sekitar dan menganalisa site terlebih dahulu agar bangunan yang akan dibangun tidak salah penempatan, sehingga tidak merusak tata ruang kota. Karena arsitek tidak hanya merancang bangunan tapi juga merencanakan tata ruang kota.

Tidak sedikit arsitek yang melakukan kesalahan dalam pembangunan, ada beberapa contoh kasus yang membuat arsitek dinilai tidak becus dalam menjalankan tugasnya oleh sebagaian masyarakat yaitu :

1. Jebolnya tanggul Situ Gintung



2. Amblesnya jalan RE Martadinata sejauh 7 meter.



Mau tidak mau dalam hal ini tetap saja aristektur yang disalahkan. maka dari itu, sebagai seorang arsitek kita harus teliti dan hati-hati dalam mengerjakan sebuah proyek. Sehingga proyek yang kita kerjakan tidak berdampak buruk di kemudian hari.

Pada kesimpulannya Arsitek sangat berperan penting dalam pembangunan dan memiliki tanggung jawab serta resiko yang besar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
Seorang Mahasiswi yang berusaha untuk menjadi yang terbaik dan bisa membanggakan orang tua serta membahagiakan keluarga.