Selasa, 20 April 2010

HUBUNGAN & SIRKULASI RUANG

Ruang mempunyai arti penting bagi kehidupan manusia. Ruang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia baik secara psikologis emosional maupun dimensional. Ruang adalah suatu wadah yang tidak nyata akan tetapi dapat dirasakan oleh manusia. Perasaan persepsi masing-masing individu melalui penglihatan, penciuman, pendengaran dan penafsirannya. Untuk menyatakan bentuk dunianya, manusia menciptakan ruang tersendiri dengan dasar fungsi dan keindahan yang disebut Ruang Arsitektur.

Ruang Arsitektur Menyangkut :

- Ruang Dalam
- Ruang Luar

Pada umumnya dikatakan bahwa Ruang Dalam (Interior) dibatasi oleh tiga bidang yaitu alas/lantai, dinding dan langit-langit/atap. Hanya perlu diingat bahwa dalam beberapa hal, ruang dalam sukar untuk dibedakan tiga bidang pembatas yang terjadi, misalnya pada konstruksi shell karena dinding dan atap menjadi satu.
Sedangkan ruang luar adalah :
* Ruang yang terjadi dengan membatasi alam hanya pada bidang alas dan dindingnya, sedangkan atapnya dapat dikatakan tidak terbatas
* Sebagai lingkungan luar buatan manusia, yang mempunyai arti dan maksud tertentu dan sebagian bagian dari alam

Hubungan Antara Ruang

1. Ruang dalam Ruang, Adalah dimana suatu ruang 3 dimensi yang besar, memiliki lagi massa atau dimensi lain didalamnya yang bisa disebut juga sebagai ruang.

Contoh :


Gbr. Pompidou Centre di Paris karya Renzo Piano


2. Ruang yang saling berkaitan, yaitu dimana adanya satu ruang yang mengaitkan dua ruang lainnya sehingga memimiliki kesambungan antar kedua ruang.

Contoh :



SUMBER : Internet & Buku 'ARSITEKTUR Bentuk, Ruang & Tatanan' FRANCIS D.K. CHING

2 komentar:

  1. wah anak arsitektur ni..
    blog nya isi nya pengetahuan..
    tp makasi.. tugas ku selesai deh,,
    hehe..
    keep posting..
    tar sering aku liatin,,,
    hehe..
    thx

    BalasHapus
  2. Ok sama-sama,,
    Makasih jg dah menyempatkan waktu tuk liat blog gw,, hehehe :)

    BalasHapus

Mengenai Saya

Foto saya
Seorang Mahasiswi yang berusaha untuk menjadi yang terbaik dan bisa membanggakan orang tua serta membahagiakan keluarga.