Selasa, 20 April 2010

PERUBAHAN BENTUK & PENGGABUNGAN ANTAR BENTUK

BENTUK merupakan sebuah istilah inklusif yang memiliki beberapa pengertian. Bentuk dapat di hubungkan pada penampilan luar yang dapat dikenali seperti sebuah kursi atau tubuh seseorang yang mendudukinya. Oleh karena itu, semua bentuk dapat dipahami sebagai hasil dari suatu perubahan atau variasi-variasi yang timbul akibat manipulasi dimensinya atau akibat dari penambahan serta pengurangan dari elemen-elemennya.

1. Peurubahan Dimensi
Dimensi fisik suatu bentuk panjang, lebar & tebal. Dimensi-dimensi ini menentukan proporsi dari bentuk, sedangkan skalanya ditentukan oleh ukuran relatifnya terhadap bentuk-bentuk lain dalam konteksnya.Suatu bentuk dapat diubah dengan menggantikan salah satu atau beberapa dimensi-dimensinya dan tetap mempertahankan identitasnya sebagai anggota bagian dari suatu bentuk. Contohnya, seperti gambar dibawah ini :




2. Perubahan Dengan Pengurangan

Suatu bentuk dapat diubah dengan mengurangi sebagian dari volumenya. tergantung dari bangyaknya pengurangan, suatu bentuk mampu mempertahankan identitas asalnya atau diubah menjadi menjadi suatu bentuk yang lain. sebagai contoh sebuah kubus dapat mempertahankan identitasnya sebagai kubus walaupun sebagian dari kubus tersebut dihilangkan atau diubah menjadi serangkaian bentuk polyhedron teratur yang menggambarkan suatu bola. Sebagai contoh liat gambar dibawah ini :




2. Perubahan Dengan Penambahan

Suatu bentuk dapat diubah dengan menambahkan unsur-unsur tertentu pada volume bendanya. Sifat proses penambahan serta jumlah dan ukuran relatif, unsur yang ditambahkan akan menentukan apakah identitas bentuk asal dapat di pertahankan atau berubah. Contoh gambar sebagai berikut :



SUMBER : Internet & Buku 'ARSITEKTUR Bentuk, Ruang & Tatanan' FRANCIS D.K. CHING

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
Seorang Mahasiswi yang berusaha untuk menjadi yang terbaik dan bisa membanggakan orang tua serta membahagiakan keluarga.