Senin, 23 November 2009

BANGUNAN TAHAN GEMPA & BANGUNAN DI SEKITAR JALAN SUDIRMAN JAKARTA

A. Bangunan Tahan Gempa

Gbr. Rumah Tinggal di Daerah Pengunungan.

Menurut pandangan saya bangunan tahan gempa seperti pada gambar diatas diamana bangunan rumah ini merupakan salah satu bangunan yang tahan gempa yang bisa dibangun dengan teknologi sederhana yang biasa dipakai dalam rumah-rumah konvensional dengan sistem struktur beton bertulang, dinding batu-bata dan atap kayu. Penambahan yang perlu dilakukan, misalnya pada penambahan angkur yang memperkuat hubungan antara elemen beton, dinding, atap dan elemen lainnya. Proporsi bangunan yang seimbang dengan skala normal serta dimanis dengan keseimbangan yang simetri dan memiliki kesatuan ataupun perpaduan antara beton, batu bata serta atap kayu.


B. Bangunan di Sekitar Jalan Sudirman Jakarta


ini adalah salah satu bangunan dari sekian banyak bangunan di jalan sudirman jakarta. bangunan ini bersifat monumental dan terkesan modern. irama dari bangunan ini tak terlalu kelihatan statis, tapi dinamis juga. karna bagian atas dari bangunan ini terdapat repetisi bentuk yang semakin ke atas, semakin kecil. vocal point dari gedung ini adalah pada bagian atas gedungnya yang berbentuk seperti piramida, karena bagian ini yang paling menonjol pada bangunan ini. skala pada bangunan ini adalah termasuk dalam skala monumental dan keseimbangan bangunan ini termasuk dalam keseimbangan simetris , karena bagian gedung pada sisi kanan dan kirinya terlihat sama. perlu diketahui bahwa arsitektur adalah seni yang menuntut lebih banyak penalaran daripada iham, dan lebih banyak pengetahan faktual daripada semangat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
Seorang Mahasiswi yang berusaha untuk menjadi yang terbaik dan bisa membanggakan orang tua serta membahagiakan keluarga.